Pelayanan memegang peranan penting bagi perbankan. Bank-bank
berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah. Setiap bank akan
berusaha memberi kepuasan kepada nasabah, sebab hal ini akan menentukan
perkembangan bank. Agar mampu bertahan, bersaing dan tidak kehilangan
nasabahnya maka pihak bank harus menyusun strategi, kebijakan dan terobosan
baru berkaitan dengan perbaikan kualitas layanannya. Produk mandiri prioritas
memerlukan adanya pelayanan yang lebih baik untuk dapat tetap mempertahankan
nasabah mandiri prioritas, untuk itu bank mandiri menerapkan servis dengan
nilai tambah (service with impact). Servis dengan nilai tambah adalah
memberikan nilai tambah sebesar mungkin kepada pelanggan dengan cara memenuhi
kebutuhan pelanggan (jika memungkinkan) melampaui harapan nasabah. Perumusan
masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang
diarahkan pada kualitas pelayanan dalam hal ini pelayanan dengan nilai tambah
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah prioritas di PT Bank Mandiri (Persero),
Tbk Cabang Medan Lapangan Merdeka dan sejauhmana pengaruh kepuasan nasabah
prioritas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah prioritas di PT . Bank Mandiri
(Persero), Tbk Cabang Medan Lapangan Merdeka. Hipotesis penelitian ini adalah
pelayanan dengan nilai tambah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah prioritas
di PT . Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Medan Lapangan Merdeka dan kepuasan
nasabah berhubungan dengan loyalitas nasabah prioritas di PT . Bank Mandiri
(Persero) , Tbk Cabang Medan Lapangan Merdeka Hasil penelitian menunjukan
Variabel Kualitas Kerja Prima, Variabel Responsivness, Variabel Professional,
Variabel Empati, Variabel Etika secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang
Medan Lapangan Merdeka. Dan Secara parsial variabel etika berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang
Medan Lapangan Merdeka. Variabel Etika merupakan variabel yang paling dominan
terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Medan
Lapangan Merdeka. Bahwa ada hubungan (korelasi) antara kepuasan nasabah dengan
loyalitas nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Medan Lapangan
Merdeka dan hubungan ini bernilai positif. Koefisien korelasi yang ditemukan
sebesar 0,811 termasuk pada kategori kuat. Jadi terdapat hubungan yang positif
dan kuat antara Kepuasan Nasabah dengan Loyalitas Nasabah pada PT Bank Mandiri
(Persero), Tbk Cabang Medan Lapangan Merdeka. 047019033
Tidak ada komentar:
Posting Komentar